What I Did in 2023?

Dua ribu dua puluh tiga

Tahun dimana aku beranjak dari usia 21 ke usia 22 tahun. Tahun yang membuat jarak ku dengan usia 30 semakin dekat, tinggal 8 tahun lagi. Akan semakin banyak pemikiran dan ketakutan bahkan kecemasan baru di usia 22 tahun.

Di tahun 2023 juga aku memulai dan mencoba banyak hal baru yang mengantarkan aku untuk bertemu orang-orang baru. Tahun yang penuh banyak petualangan baru. Tahun yang tidak hanya ada suka tetapi juga duka. Tahun yang membuat aku punya semakin banyak kesadaran akan hal-hal yang selama ini cuma bisa aku pendam tanpa bisa katakan.

Berikut hal-hal yang aku lakukan di 2023. Anyway, aku menulis ini hanya untuk bahan evaluasi dan intropeksi diri akan diriku di tahun sebelumnya dengan di tahun 2023.

  1. Membaca buku

Membaca buku sebenarnya bukan hal baru karena kegiatan ini sudah dari sd aku lakukan. Tetapi dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya bisa membaca buku sebanyak 14 buku. Tahun 2023 aku berhasil membaca sebanyak 29 judul buku, walau beberapa diantaranya ada yang belum selesai. Tetapi tetap target baca tahun ini jauh melampaui target yang telah ditetapkan, yakni sebanyak 20 buku.

Tahun ini juga aku belajar baca buku di aplikasi online. Dimana di tahun sebelumnya, aku sebagian besar membaca melalui buku cetak. Tahun 2023 sebagian besar buku yang aku baca di ipusnas. Tetapi kalau boleh jujur, tidak ada yang bisa menyaingi perasaan senang saat membaca buku cetak. Apalagi saat harus membalik lembaran-lembaran halaman kertas dan mencium aroma kertas yang bagiku wangi.

Untuk buku-buku favoritku tahun ini kebanyakan datang dari negara sakura, seperti funiculi funicula 2, gadis minimarket dan 12 pasang mata. Sisanya ada dari penulis Indonesia, seperti gadis kretek, resign dan laut bercerita. Selain itu, aku juga lagi jatuh cinta pada cerita misteri Sherlock Holmes.

2. Donor darah

Pemikiran untuk melakukan donor darah sudah ada sejak aku SMA. Sayangnya tidak pernah terealisasikan. Ini karna aku sebagai seorang dengan darah rendah tidak cukup yakin bahwa aku mampu mendonorkan sekantong darah yang aku punya. Hingga di tahun 2023, akhirnya dengan cukup tekad yang aku punya aku berhasil merealisasikan hal yang sudah ada dalam wish list aku. Setelah beberapa bulan menjaga pola tidur dan mengonsumsi tablet tambah darah, akhirnya aku berhasil. Walau awalnya hampir gagal karna tensi yang rendah:)

3. Kerja freelance

Ini berawal dari salah satu temanku yang membagikan postingan lowongan kerja. Tapi ternyata aku kalah cepat dan berakhir batal. Tetapi beberapa saat kemudian dia kembali menghubungi untuk kerja freelance alias kerja sesuai event atau kontrak. Ada keraguan awalnya, apalagi ortu aku sempat tidak setuju. Tapi karna aku cukup keras kepala akhirnya aku berhasil membujuk dan mendapatkan izin.

Pekerjaan pertama ini terjadi di bulan ramadhan dan lebaran. Kemudian berlanjut dengan event-event lainnya. Dari yang tadinya aku pikir mungkin aku cuma bakal nyoba sekali. Ternyata berlanjut hingga 4 atau 5 kali event.

Awalnya aku pikir tahun 2023 akan berlalu tanpa ada yang berarti dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ternyata di tahun 2023, aku bisa lebih tumbuh dibandingkan tahun sebelumnya, walau mungkin hanya 0.001%. Tapi aku merasa itu lebih baik dibandingkan tidak sama sekali. Banyak hal yang terjadi dan terlewati yang tentunya akan membentuk diriku ke depannya.

Semoga di tahun 2024 ini, aku juga bisa tumbuh dan jadi lebih baik walau hanya 0.001% dibandingkan tahun 2023. Semoga…

Tinggalkan komentar